Didapat atau Didapatkan? Yuk Kenali Perbedaan Kata Bahasa Indonesia yang Sering Bikin Bingung

Perbedaan Kata Bahasa Indonesia Yang Sering Bikin BingungSource: bing.com

Ketika berbicara atau menulis dalam bahasa Indonesia, seringkali kita merasa bingung dengan pemilihan kata yang tepat. Salah satu contohnya adalah ketidakpastian dalam memilih kata “didapat” atau “didapatkan”. Sebenarnya, kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, namun apakah keduanya dapat digunakan secara bergantian?

Contents

Perbedaan didapat dan didapatkan

Perbedaan Didapat Dan DidapatkanSource: bing.com

Secara umum, keduanya memiliki arti yang sama, yaitu mendapatkan atau memperoleh sesuatu. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaannya dalam kalimat. Kata “didapat” digunakan untuk kalimat pasif, sedangkan kata “didapatkan” digunakan untuk kalimat aktif. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

  • “Uang tersebut didapat dari hasil penjualan buku.” (kalimat pasif)
  • “Saya berhasil mendapatkan uang dari hasil penjualan buku.” (kalimat aktif)

Dalam kalimat pasif, subjek tidak melakukan tindakan, melainkan menerimanya. Oleh karena itu, kata “didapat” digunakan untuk menunjukkan bahwa subjek menerima atau memperoleh sesuatu tanpa melakukan tindakan.

Sedangkan, dalam kalimat aktif, subjek melakukan tindakan untuk memperoleh atau mendapatkan sesuatu. Oleh karena itu, kata “didapatkan” digunakan untuk menunjukkan bahwa subjek melakukan tindakan untuk memperoleh atau mendapatkan sesuatu.

Contoh penggunaan didapat dan didapatkan

Contoh Penggunaan Didapat Dan DidapatkanSource: bing.com

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “didapat” dan “didapatkan” untuk menunjukkan perbedaan penggunaannya:

  • “Pertandingan tersebut dimenangkan oleh tim tamu, sedangkan tim tuan rumah tidak mendapatkan kemenangan.” (kalimat aktif)
  • “Kemenangan tersebut didapat oleh tim tamu, sedangkan tim tuan rumah tidak mampu memenangkan pertandingan.” (kalimat pasif)
  • “Saya mendapatkan hadiah dari undian tersebut.” (kalimat aktif)
  • “Hadiah tersebut didapat dari undian yang saya ikuti.” (kalimat pasif)
  • “Dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan baru.” (kalimat aktif)
  • “Pekerjaan baru tidak dapat didapatkan olehnya.” (kalimat pasif)

Penjelasan lebih lanjut

Penjelasan Lebih LanjutSource: bing.com

See also  Suhu Bola - Prediksi dan Berita Terkini Liga Sepak Bola

Memahami perbedaan antara kata “didapat” dan “didapatkan” dapat membantu kita dalam memilih kata yang tepat dalam berbicara atau menulis dalam bahasa Indonesia. Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan kata-kata dalam bahasa Indonesia dapat berbeda-beda tergantung pada konteks kalimatnya.

Jangan khawatir jika masih terdapat banyak kata-kata yang membuat kita bingung dalam berbahasa Indonesia. Kita dapat terus belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia kita agar semakin lancar dan tepat dalam penggunaan kata-kata.

Kesimpulan

Kata “didapat” dan “didapatkan” memiliki arti yang sama, namun digunakan dalam kalimat yang berbeda. Kata “didapat” digunakan untuk kalimat pasif, sementara kata “didapatkan” digunakan untuk kalimat aktif. Memahami perbedaan ini dapat membantu kita dalam memilih kata yang tepat dalam berbicara atau menulis dalam bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *